Jumat, 03 Agustus 2018

Teks Drama


“Simfoni Cinta Maha Karya Sang Kuasa ”

( Kisah ini tentang sebuah persahabatan yang nggak bakalan kandas meskipun begitu banyak rintangan yang menghempas. Ya, cukup klasik memang. Entah apa yang bisa mendasari persahabatan ini, kalau melihat ketiadaannya satupun persamaan di antara mereka. Ya, mereka adalah Dalila, Dini, Dita, dan Rahma. Saat ini, mereka sedang berada di ruang ujian untuk mengerjakan soal ulangan terakhir, ulangan Fisika. )

Bima         : (menengok ke Rahma) “Ra, no. 31”
Rahma      : (menggeleng) “Belum, Bim.”
Bima         : (menengok ke Aditya) “Adit, no. 31”
Adit          : (menggunakan bahasa isyarat) “E, Bim.”
Dini          : (menengok ke meja Dita) “Sttt... Dit, Dita!”
Dita          : (melihat ke arah Dini) “What happened cuy ?”
Dini          : No. 3, 5, 13. Buruan!! (berbisik sambil menggunakan bahasa isyarat)
Dalila        : “Woi jangan keras-keras. Ntar penjaganya dengar.”
Dini          : “Oke. Dit, buruan !”
Dita          : “A, D. No. 13 aku belum.” (menggunakan bahasa isyarat)
Dini          : “Oke sip.” (menyalin ke lembar jawaban)

( Mereka terus melanjutkan mengerjakan dengan saling mencontek. Tapi tidak dengan Rahma. Dia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian dengan percaya diri. )

Dalila        : “Din, Dini! Bagi LJK dong.” (berbisik)
Dini          : “Ampun deh, belum selesai nih.” (menunjukkan LJK)
Bima         : “Woi Din, jangan keras-keras kali.”
Dalila        : “Ra, Rahma! Bagi LJK dong.” (berbisik)
Rahma      : “Maaf Lil. Aku nggak bisa.”
Dalila        : “Pelit amat sih Ra. Aku tuh sahabat kamu nggak sih!” (marah)
Rahma      : “Maaf Lil, bukannya gitu. Aku cuma pengen kamu berusaha.”
Dalila        : “Tapi ini mendesak Ra, please lah.” (memelas)
Dita          : “Udah lah Lil, kamu nggak usah ngemis gitu. Biarin si Rahma urus dirinya sendiri.”
                    (kesal)
Adit          : “Eh, jangan berantem disini kali.”

( Ujian Akhir Semester Ganjilpun usai. Merekapun meninggalkan ruangan, dan segera berkumpul di depan ruangan. )

Dalila        : “Gila... soalnya killer abis.”
Dita          : “Tau tuh. Yang aku pelajari nggak ada yang keluar lagi.”
Dini          : (tertawa) “Hahaha... mendingan aku yang nggak belajar. Jadi, meskipun nggak bisa
                    ngerjakan nggak bakalan nyesel.”
( Tiba-tiba Rahma menghampiri mereka )
Rahma      : (tersenyum menyapa temannya) “Hai guys!”
Dini          : (tersenyum) “Hai Ra!”
Dalila        : “Ngapain sih kamu ke sini Ra ?”
Dita          : “Tau tuh, ngerusak suasana tau nggak!”
Dini          : “Udah-udah, kalian itu ngapain sih marahan. Kayak anak kecil tau nggak. Yang tadi,
                    ya udah tadi. Nggak usah dibahas lagi. Lagian maksud Rahma itu baik, guys. Dia
                    cuma pengen kita berusaha. Ya kan Ra ?” (menatap Rahma)
Rahma      : “Iya. Maafin aku ya Lil, Dit.”
Dalila        : “Ehmm... gimana ya ? Maafin nggak Dit ?”
Dita          : “Tau deh. Abis ngeselin sih. Tapi... kita maafin dong. Kita kan teman J
(Merekapun berpelukan)
Dini          : “Oke guys, buat ngerayain selesainya UAS kita, gimana kalau nanti malam hang out.
                    Setuju ?”
Dita          : “Setuju”
Dalila        : “Setuju”
Rahma      : “Maaf guys. Nanti malam aku musti belajar Fisika. Soalnya aku takut hari Seninnya
                    remidi. Maaf ya...” (memelas)
Dini          : “Nggak boleh. Nanti malam tuh Satnight Ra. Masa kamu mau kencan sama buku sih.”
Dalila        : “Tau tuh. Lagian kamu tuh hampir tiap kita hang out nggak pernah ikut Ra. Masa
                    kali ini nggak juga sih ?”
Dita          : “Yup, bener. Kalau kamu tetep mau kencan sama buku, kita nggak bakal maafin
                    kamu!”
Rahma      : “Aaa... jangan dong... ya udah aku ikut deh.”
Dalila        : “Nah, itu baru sahabat kita. Belajar tuh emang penting. Tapi teman lebih penting.”

(Malampun tiba. Sesuai janji, mereka berempat berkumpul di cafe langganan mereka.)

Rahma      : “Wah, suasananya damai banget sih. Mana lagunya klasik. Bikin nyaman belajar aja.
                    Tau gini tadi aku bawa buku fisika juga harusnya.”
Dini          : “Aduh Rahma... kamu tuh di tempat kayak gini kok malah mikirin buku sih. Mestinya
                    kamu  itu mikir apa yang mesti kita lakuin malam ini.”
Dalila        : “Tau tuh, orang nggak sih kamu itu Ra ?”
Dita          : (tertawa) “Ya ampun Lila, emang kalau nggak orang, apa coba ?”
Rahma      : (murung) “Ih... kalian kok gitu sih. Jahat banget. Ya udah aku ke belakang dulu ya.
Kerudungku berantakan nih. Ntar pesenin sama kayak kalian aja ya.”

(Rahmapun berjalan menuju kamar kecil. Sekembalinya dari kamar kecil, Rahma tertabrak seorang pria.)

Rahma      : “Aduh...”
Ghalib      : “Eh, maaf-maaf.”
Rahma      : “Lain kali hati-hati dong mas.” (meraba-raba lantai)
Ghalib      : “Iya, maafkan saya mbak. Ngomong-ngomong sedang cari apa mbak ?”
Rahma      : “Jarum saya jatuh.”
Ghalib      : “Oh... biarkan saja lah mbak. Lagian kerudung mbak sudah cantik kok.”
Rahma      : “Nggak bisa mas. Jarum itu buat mengaitkan kerudung bagian depan saya kalau
                    terkena angin biar nggak membuka.”
Ghalib      : “Oh... boleh saya bantu mbak ?”
Rahma      : “Tidak usah mas. Terima Kasih.”
Ghalib      : “Ya sudah saya permisi dulu mbak.”
Rahma      : “Iya, silahkan.”

(Ghalibpun pergi meninggalkan Rahma. Beberapa saat kemudian, Rahmapun menemukan jarumnya. Dia bergegas kembali ke teman-temannya.)

Dita          : “Ya ampun Ra, lama banget sih kamu.”
Dalila        : “Tau tuh. Benerin kerudung apa poop sih. Lama banget.”
Rahma      : “Tadi tuh jarum aku jatuh guys.”
Dini          : “Oh... tapi udah ketemu kan ?”
Rahma      : “Nih, udah.” (menunjukkan jarum di kerudungnya)
Dini          : “Eh, tau nggak Ra. Kita tadi lihat Gunawan disana tuh.” (menunjuk)
Dalila        : “Iya Ra. Abis itu kita foto dia pakai hp-nya Dita. Eh, ternyata flashnya nyala lagi. Jadi
                    ketahuan deh. Gara-gara hp-nya Dita nih.”
Dita          : “Eh, kalian kok malah nyalahin hp aku sih ? Masih mending aku pinjami”
Rahma      : “Udah-udah, lagian kalian ngapain sih pake foto-foto segala.”
Dalila        : “Kan kita pikir kamu seneng.”
Dini          : “Iya Ra. Secara dia kan first love kamu. Siapa tau kamu masih ngarep sama dia.”
Dita          : “Tapi, saran aku sih jangan ya Ra. Nggak usah deh kamu ngarep sama cowok kayak
                    Gunawan. Nggak gentle banget mutusin tanpa sebab lewat bbm tanpa 1 alasanpun.”
Rahma      : “Udahlah guys... itu kan udah lama banget, 5 tahun lalu. Lagian aku sekarang udah
                    lupa kok sama dia.”
Dini          : “Aaa... masa sih ?”
Dalila        : “Seriusan ?”
Dita          : “Demi apa ?”

(Merekapun bergurau sambil menikmati malam mereka. Hari Seninpun tiba. Selesai upacara, mereka berkumpul di kelas sambil bergosip ria. Tiba-tiba wali kelas mereka datang.)

Wali Kelas            : “Assalamu`alaikum. Selamat pagi, anak-anak.”
Siswa                    : “Wa`alaikumsalam. Selamat pagi, Pak.”
Wali Kelas            : “Hari ini kita kedatangan murid baru. Namanya Gunawan. Ayo le, silahkan
                                perkenalkan diri kamu.”
Gunawan              : “Baik, terima kasih, Pak. Perkenalkan nama saya Gunawan. Saya pindahan
                                dari SMA 5 Surabaya. Saya harap kerja samanya dari teman-teman semua.
                                Saya rasa cukup. Terima Kasih.”
Wali Kelas            : “Baik Gunawan, kamu boleh duduk di... (mencari tempat kosong) belakang
                                sana.”
Gunawan              : “Baik, terima kasih, Pak.”
Wali Kelas            : “Baik anak-anak. Saya mohon kerja samanya. Saya tidak ingin mendengar
                                laporan guru BK kalau kalian membully anak baru seperti kelas sebelah.
                                Kalau sampai saya mendengar, kalian akan saya jemur di bawah tiang bendera
                                dan nilai PKN kalian saya buat nol. Paham ?”
Siswa                    : “Paham, Pak.”
Wali Kelas            : “Bagus. Ya sudah saya permisi. Assalamu`alaikum.”
Siswa                    : “Wa`alaikumsalam.”

(Dalila, Dini, dan Ditapun menghampiri Rahma)

Dini          : “Ra, itu bukannya your prince ?”
Dita          : “Kok bisa ?”
Dalila        : “Kalian contact lagi ya ?”
Rahma      : “Ya ampun, nggak lah guys. Ngapain juga ?”

( Tiba-tiba Gunawan menghampiri Rahma )

Gunawan  : “Hai Ra. Apa kabar ?”
Rahma      : (canggung) “Hai, Gun. Alhamdulillah.”
Gunawan  : “Kamu masih tetep ya ?”
Rahma      : “Maksudnya ?”
Gunawan  : “Ya, tetep aja.”
Rahma      : “Apaan sih.”
Dini          : “Ehm.. ehm... cabut yuk guys, ngganggu nih.”
Dalila        : “Yuk, daripada disini jadi obat nyamuk.”

( Dalila, Dini, dan Ditapun meninggalkan Rahma dan Gunawan menuju kantin. Sedangkan Rahma dan Gunawan melanjutkan obrolan mereka )

Dita          : “Uh ... kalian ngapain sih pakek acara cabut segala.”
Dalila        : “Loh, emang kenapa ? Kita bener, kan ? Ya nggak, Din ?” (menoleh ke Dini)
Dini          : “Yupsi. Lagian kamu mau ngapain sih Dit disana ? Mau jadi obat nyamuk ?”
Dita          : “Bukannya gitu. Aku kan cuma penasaran gimana ekspresi Rahma. Aku pengen tau,
                    dia itu sebenarnya masih suka nggak sama Gunawan.”
Dalila        : “Aduh, ya jelas masih lah Dit. Nggak usah dilihat dari ekspresi udah kelihatan kalau
                    Rahma itu masih suka sama Gunawan.”
Dini          : “Udah-udah, ngapain sih ngomongin mereka. Mereka aja belum tentu ngomongin
                    kita. Mending makan ini aja. Yuk.”

( Seusai makan, mereka kembali ke kelas untuk megikuti KBM seperti biasa. Sepulang sekolah, Rahma mengajak mereka ke toko buku untuk membeli referensi buku Bahasa Indonesia. Namun, sahabatnya menolak. Akhirmya, Rahma terpaksa pergi sendirian. Sesampainya di toko buku ... )

Rahma      : (berjalan sambil melihat-lihat buku) “Aduh, jahat banget sih mereka. Katanya sahabat,
                   tapi kok gini ? Bikin bete. Mana bukunya nggak ketemu-ketemu lagi. Aduh...”
  (tertabrak seorang pria)
Ghalib      : “Eh, maaf-maaf mbak. Saya tidak sengaja.”
Rahma      : “Ya ampun, hati-hati dong mas. (berdiri) Astaga! Kamu lagi-kamu lagi. Memang hobi
                     nabrak ya, mas ?”
Ghalib      : “Ya ampun, maaf mbak.”
Rahma      : “Iya, nggak papa.”
Ghalib      : “Sendiri mbak ?”
Rahma      : “Iya, menurut mas ?”
Ghalib      : “Aduh, jangan mas-mbak lah, kok ngerasa canggung gitu. Oh ya, kenalkan nama saya
                    Ghalib.” (menjabat tangan Rahma)
Rahma      : (menjabat tangan Ghalib) “Rahma.”

( Dari sesi perkenalan itu, membuat hubungan mereka bertambah dekat. Keesokan harinya di sekolah... )

Dita          : “Pagi, Gun.”
Gunawan  : “Pagi, Dit.”
Dita          : “Eh, denger-denger katanya kamu pintar MTK ya ? Boleh dong diajari ?”
Gunawan  : “Ah, biasa saja. Aku sih oke-oke aja kalau emang aku bisa.”
Dita          : “Beneran nih ? Masa anak pindahan SMA 5 Surabaya nggak bisa.”
Gunawan  : “Aduh, beneran Dit. Bisa aja kan aku nyogok biar bisa sekolah sana.”
Dita          : “Ah, nggak percaya. Kata Rahma aja, kamu itu asli pandai sedari kalian masih bareng-
                    bareng dulu.”
Gunawan  : “Enggak kok, Rahmanya aja yang terlalu melebih-lebihkan.”

( Obrolan merekapun terhenti ketika Dalila, Dini, dan Rahma datang. Berkat obrolan itu, Gunawan dan Dita sering bertemu untuk sekedar belajar bersama. Bel tanda pulangpun berbunyi. )

Rahma      : (buru-buru memasukkan bukunya) “Hai, guys. Duluan ya ?”
Dini          : “Eh... eh... eh, Ra.”
Dalila        : (mendekati Dini) “Kenapa tuh si Rahma ?”
Dini          : (mengendikkan bahu) “Tau... perasaan kayak ada yang aneh deh. Coba kamu buntuti
                    sana, Lil.”
Dalila        : “Iya deh, yaudah duluan ya, guys.”
Dita          : (mendekati Dini) “Kenapa sih Lila sama Rahma ?”
Dini          : “Belum tau. Tapi, kayaknya ada yang aneh.”
Dita          : “Eh, ya udah aku duluan juga ya, Din. Bye”
Dini          : “Eh.. eh.. Dit ... Ya ampun Dita tega banget sih.”
( Sesampainya Rahma di tempat tujuan )
Rahma      : “Aduh, maaf ya Lhib. Aku telat.”
Ghalib      : “Nggak papa Ra. Baru 5 menit kali.”

( Tanpa mereka sadari, ternyata Dalila melihat dari Jauh. )

Dalila        : “Astaga, Ghalib!”

( Dalilapun bergegas pulang. Keesokan harinya ... )

Gunawan  : “Selamat pagi, teman-teman. Jadi gini, nanti malam aku mau undang kalian semua
                     buat datang ke acara syukuran cafe baru keluargaku. Kebetulan, hari ini sudah
                     mulai dibuka. Jadi, aku harap kalian mau meluangkan waktu buat datang.”
Dini          : “Santai aja, Gun. Kita semua pasti datang kok. Apalagi kalau ada makannya, aduh
                     tambah semangat kita. Ya, kan Lil ?”
Dalila        : (mengendikkan bahu) “Tau.”
Gunawan  : “Kalau soal makanan sih, gampang. Bisa diatur. Dibungkus dibawa pulang juga boleh
                     kok.” (kembali ke bangku)
Dita          : “Kalau kamunya boleh dibungkus dibawa pulang nggak Gun ?” (tertawa)
Dini          : “Hu... dasar Dita.” (bersorak ke Dita)
Dita          : “Hehehe ... becanda Gun. Aku bukan tipe tukang tikung temen kok J”(menoleh ke
                    Rahma)
Rahma      : “Apaan sih, Dit ?”
Gunawan  : “Santai aja, Dit. Ya udah guys, aku tunggu kedatangan kalian nanti malam ya. Oh, ya
                     Rahma, kamu jangan sampai nggak datang ya.” (tersenyum ke arah Rahma)
DDD        : “Cieee...” (bersorak)

( Bel tanda masukpun berbunyi. KBM pun berjalan seperti biasanya. Hingga malam waktu undanganpun tiba... )

Dita          : “Ya ampun, Rahma. Kamu cantik banget sih...”
Rahma      : “Apaan sih, Dit.”
Dini          : “Eh, beneran lho. Kayak serasa aura inner-beauty dalam diri kamu itu keluar semua.”
Rahma      : “Aaa.. lebay deh kalian.”
Dini          : “Nggak, beneran deh. Ya kan Lil ?”
Dalila        : (mengendikkan bahu) “Tau.”
Dini          : “Kamu kenapa sih, Lil ? Dari tadi kalau ditanya jawabnya tau-tau mulu.”
Dalila        : “Tau, tanya Rahma aja sana.”
Rahma      : (kaget) “Ha? Kok aku ? Aku kan nggak tau apa-apa.”
Dalila        : “Tau! Pikir aja sendiri.”
( Tiba-tiba Ghalibpun datang )
Ghalib      : “Hai, Ra J
Rahma      : “Hai, Lhib. Eh kenalin ini temen-temen aku.”
Ghalib      : (berjabat tangan) “Ghalib”
Dita          : (menjabat tangan Ghalib) “Dita”
Ghalib      : (berjabat tangan) “Ghalib”
Dini          : (menjabat tangan Ghalib) “Dini”
Ghalib      : (berjabat tangan) “Ghalib. Lila ? Apa kabar ? Ya ampun, hampir seminggu aku nyari
                     alamat kamu tapi nggak ketemu-ketemu. Kamu pindah ya ?”
Dalila        : (tersenyum) “Kalau nanya satu-satu kali, Lhib. Pertama, alhamdulillah kabar aku baik.
                     Kedua, aku sekarang udah pindah di Perum Mahogani no. 12 Genteng.”
Ghalib      : (tersenyum) “Ya ampun, pantesan.”
Rahma      : “Eh, kalian udah saling kenal ya ?”
Ghalib      : “Iya, Ra. Dalila itu sahabat aku sedari kecil. Kita tetanggaan dulu. Tapi, berhubung
                     dulu waktu SMP aku pindah ke Bogor, jadi kita lost contact
Rahma      : “Oh... gitu.”
Dini          : “Eh, ya udah kita duduk yuk, guys. Pegel nih kakiku.”
Dita          : “Yuk... disana tuh, deket jendela.” (menunjuk)
Rahma      : “Eh, Ghalib mau gabung sama kita ?”
Ghalib      : “Boleh, kalau kalian nggak keberatan.”
Dini          : “Nggak papa kali, Lhib. Kamu kan temennya Dalila sama Rahma. Berarti temen kita
                     juga dong.”
Dita          : “Yup, tul. Lagian sayang banget kan ada cogan kok dianggurin gini. He he he ...”
Dini          : “Aduh, Dita mulai deh.”
Rahma      : “Yaudah, yuk guys.”
(Sesampainya di meja, beberapa saat kemudian, Gunawan menghampiri mereka.)
Gunawan  : “Hai, guys. Boleh gabung nggak ?”
Dalila        : “Oh, boleh kok, Gun. Silahkan-silahkan.” (menarikkan kursi untuk Gunawan)
Gunawan  : “Thanks, Lil.” (duduk)
Dini          : (berbisik) “Ngapain sih si Dalila Dit ?”
Dita          : (berbisik) “Tau, tuh. Sok manis banget tau nggak. Nggak kayak biasanya.”
Dini          : “Ehm... Lil, nggak mau ngenalin Ghalib ke Gunawan ?”
Dalila        : “Nggak ah, biar si Rahma aja. Kan Ghalib datang kesini mungkin janjian sama
                    Rahma”
Dita          : “Dalila bicara apaan sih, aneh, ngelantur.”
Dini          : “Ya udah, kamu gih Ra.”
Rahma      : “Kok aku ? Ya Dalila lah, kan Gunawan itu prince charming-nya Dalila.”
Dita          : “Aduh, ini lagi.”
Dini          : “Ehm, ya udah. Biar aku aja. Gunawan, kenalin ini Ghalib. Ghalib, ini Gunawan.”
Gunawan  : “Gunawan” (menjabat tangan Ghalib)
Ghalib      : “Ghalib” (menjabat tangan Gunawan)
Dini          : “Bereskan ? Gitu aja kok repot.”
Gunawan  : “Ehm, Ghalib sahabatnya Rahma dkk juga ?”
Ghalib      : “Eh, nggak kok. Kita baru kenal. Kebetulan aku kenal sama Rahma. Eh, ternyata
                    Rahma sahabatnya Dalila, yang notabenenya sahabat aku dari kecil.”
Gunawan  : “Oh, kenalannya Rahma. Wah, kebetulan banget ya...”
Ghalib      : “Emm.. mungkin takdir.”
Gunawan  : “Ehm... jadi gini guys aku minta restu sama kalian buat njalin hubungan sama salah
                     salah satu sahabat kalian. Aku tertarik sama dia. Sejak pertama kali aku bicara sama
                     dia, aku ngerasa nyaman. Dari tatapan matanya, dari perilakunya, dari tutur
                     katanya, aku ngerasa banget dihargai sebagai seorang cowok sama dia.”
Dini          : “Ah... udahlah, Gun. Nggak usah bertele-tele. Bilang aja kalau kamu masih suka
                     sama Rahma. Iya kan ?”
Gunawan  : “Eh, tapi...”
Dita          : “Tau nih, Gunawan. Secara ya, di antara kita kan yang paling lemah lembut itu
                     Rahma.”
Gunawan  : “Bukan, Dit. Salah. Cewek yang aku maksud itu kamu. Semenjak aku deket sama
                     kamu, aku itu ngerasa nyaman. Apalagi sewaktu kita sering belajar bareng.”
Dalila        : “Wah... selamat ya, Dit. Aku doain semoga langgeng. Mangkanya, jangan nikung
                     temen kalau nggak mau ditikung.” (melirik Rahma)
Rahma      : (sedih, menatap Gunawan)“Terus maksud kamu nyuruh aku harus datang kesini itu
                    karena ini ? Minta restu ? Selamat, kalian aku restui. Semoga langgeng. Aku permisi.”
   (undur diri)
Ghalib      : “Rahma, tunggu. Aku juga mau bicara sama kamu.”
Rahma      : “Nanti aja, Lhib. Aku lagi gak mood.”
Ghalib      : “Bentar aja, please. Siapa tau ucapanku bakalan ngubah mood kamu.”
Rahma      : “Oke, mau ngomong apa ?”
Ghalib      : “Duduk dulu, Ra” (menarikkan kursi untuk Rahma)
Rahma      : “Iyaya, buruan.” (duduk)
Ghalib      : (tarik nafas) “Jadi gini, aku juga mau minta restu sama kalian, guys. Aku suka sama
                    Rahma. Berkat Rahmalah aku sadar kalau belajar itu penting. Berkat Rahma pula,
                    aku bisa berubah menjadi jauh lebih baik lagi. Awal pertemuanku dengan Rahma,
                    aku sudah tertarik dengan Rahma. Dan aku berjanji, jika aku bertemu Rahma kembali
                    berarti Rahma memang ditakdirkan untuk bersamaku. Dan ternyata, kami bertemu
                    lagi di toko buku. Adanya pertemuan itu, semakin meyakinkan aku akan perasaanku.
                    Sehingga, saat ini aku memberanikan diri untuk mengungkapkannya.”
Dalila        : “Kamu beneran tega, Ra!” (marah)
Rahma      : “Maafin aku, Lhib. Aku nggak bisa. Lil, aku cuma nganggap Ghalib itu sahabat kayak      
    kalian. Nggak lebih.”
Dalila        : “Tapi, aku benci sama kamu, Ra. Kamu sembunyi-sembunyi dari kita buat ketemu
                     Ghalib. Pakek alasan inilah, itulah. Kamu pikir aku nggak tau ? Kamu nggak usah
                     munafik deh Ra, kalau kamu emang suka sama Ghalib.”
Rahma      : “Aku nggak bohong, Lil. Aku beneran cuma nganggep sahabat. Please, percaya aku
                     Lil. Aku juga sakit. Barusan aku juga ngerasain apa yang saat ini kamu rasa. Seorang
                     sahabat yang nikung sahabatnya dari belakang.” (melihat Dita)
Dita          : “Aku nggak nikung kamu, Ra. Aku nggak ada apa-apa sama Gunawan.”
Rahma      : “Udahlah Dit. Nggak usah beralibi. Nggak mempan tau.”
Dini          : “Stop, guys. Kalian ini nggak boleh bertengkar gegara 2 cowok. Oke, jadi bakal gue
                    jelasin satu-satu. Pertama, Gunawan. Gunawan, kamu itu harusnya peka kalau Rahma
                    masih nyimpan rasa buat kamu. Bukannya malah kamu nyatain perasaan buat cewek
                    di depan Rahma. Sama sahabatnya lagi. Kedua, Rahma. Rahma, Dita itu beneran
                    nggak suka sama Gunawan. Kamu tau sendiri kan kalau Dita itu lagi suka dan deket
                    sama kakel kita.”
Rahma      : “Tapi, Din..”
Dini          : “Stop, jangan dipotong dulu. Ketiga, Ghalib. Ghalib, kamu udah tau sendiri kan kalau
                     Rahma itu suka sama Gunawan dan Dalila suka sama kamu. Jadi, tolong pikirkan
                     lagi ucapan kamu. Sekarang jelas kan ? Please, guys. Pikir matang-matang. Aku
                     nggak mau kalau sahabatan kita ancur cuma gegara 2 cowok ini.”
Gunawan  : “Maafin aku Ra, yang nggak peka sama perasaan kamu. Maafin aku juga, guys yang
    hampir ngerusak persahabatan kalian. ”
Ghalib      : “Maafin aku juga ya, Lil. Aku terlalu buta untuk melihat segala perhatianmu
                     terhadapku.”
Dini          : “Oke... jadi sekarang kita baikan. Sahabat.”
Dita          : “Sahabat”
Rahma      : “Sahabat”
Dalila        : “Sahabat”
Ghalib      : “Sahabat”
Gunawan  : “Sahabat”
Semua      : “Ye....” (bersorak gembira)

( Itulah akhir dari kisah ini. Mereka saling berjanji untuk menjaga persahabatan mereka agar tetap terjalin sampai maut memisahkan. Karena bagi mereka, sahabat adalah segalanya. Dan cinta sahabat adalah cinta yang sesungguhnya. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Kunjungan Situs Sangiran

“Laporan Kunjungan Situs Sangiran” 12. Dini Nur Azizah Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Genteng Tahun Ajaran 2016/2017 ...